Selasa, 07 April 2009

Cara Gampang Memasak untuk Grup


Anda harus bertugas sebagai koki untuk selusin pendaki atau teman yang kelaparan? Tidak usah panik meskipun merancang dan membuat makanan untuk grup tidaklah semata melipatgandakan suplai makanan.

Ellie Mulder, manager dapur di Yamnuska Guide Service di Canmore, British Columbia, telah mempersiapkan makanan bagi ratusan pejalan kaki dan pendaki dengan bantuan program komputer. Mulder punya jam terbang 10 tahun. Berikut adalah cara bagaimana ia melakukannya plus salah satu resepnya yang paling digemari.

Memperkirakan Jumlah
Gunakan panduan ini untuk menentukan berapa banyak makanan dan kalori yang akan Anda butuhkan (untuk satu hari kegiatan bakpacking dengan intensitas moderat, kebanyakan orang membakar 2500-4000 kalori). Mulder merekomendasikan untuk menambahkan sepertiga hingga setengah porsi penyajian bagi mereka yang suka makan, melakukan perjalanan berat dan dalam cuaca dingin.

Merencanakan dan Mengepak
Pilihlah makanan cepat saji dan tempatkan dalam satu wadah. Hindari semua yang berminyak, rumit, harus digoreng, makanan yang sulit dibersihkan dan dapat menarik hewan.

Belilah makanan dalam jumlah besar setiap kali memungkinkan.

Siapkan makanan di rumah untuk mempercepat waktu yang digunakan saat memasak. Sebagai contoh, potong-potong sayuran untuk makan malam hari pertama sebelum Anda pergi dan pak atau tempatkan di bagian teratas tas Anda.

Minimalisasi sampah yang harus Anda bawa dengan melepas bungkus-bungkus saus dan memasukkan semua itu dalam satu tas.

Tetaplah tertata (dan masak lebih cepat) dengan mengukur dan mencampur bahan-bahan terlebih dahulu. Pak setiap bahan makanan bersama-sama dalam satu tas.

Memasak
Buatlah satu kompor dan 2 panci (satu untuk memasak air) untuk setiap empat orang. Jika Anda menggunakan satu panci untuk delapan orang atau lebih, itu berarti waktu memasak yang lebih lama - atau bahkan lebih buruk lagi, makanan bisa tidak matang atau hangus.

Tambahkan sentuhan istimewa, gunakan ekstra penyedap seperti daun ketumbar kering atau kacang tanah yang telah dihancurkan sebagai garnish (pelengkap). Hal itu akan menambah kredit Anda sebagai koki. (backpacker.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar